Minggu, 11 Desember 2011

W I S D O M dari Linux

kalau menggunakan bahasanya para juragan linux, saya itu terbilang masih sangat newbie (sangat baru banget), jadi apa yang saya sampaikan disini adalah pengalaman pribadi saya dalam menggunakan dan ketertarikan saya sama linux, bagi saya untuk sekarang ini dan mudah mudahan untuk seterusnya Linux adalah bagian dari diri saya dan sangat menjadi motivasi untuk selalu belajar dan berbagi dengan komunitas linux di dunia.

saya banyak membaca artikel tentang Linux, dulu saya tertarik menggunakan Linux karena ada beberapa alasan..

1. Linux is FREE
ya.. linux memang GRATISSSSS, saat saya jalan - jalan di sebuah toko Komputer untuk melihat spesipikasi Laptop terbaru dengan keunggulan tekhnologi yang tertancap di dalamnya, tentu dengan memperhatikan dari segi harganya, mata saya tertuju pada sebuah Laptop dengan spesipikasi yang sama tapi harganya berbeda... saya sempat berpikir, lho kok beda, akhirnya saya tanya kepada pelayannya, saya pun dijawab yang ini harganya lebih mahal karena menggunakan OS Asli, dan yang ini kosongan, aku pun kembali bertanya, kosongan maksudnya apa ya... dijawab lagi, kosongan itu berarti tidak ada OS yang disertakan dalam paket penjualannya.
saya pun berpikir, kalau tidak ada OS, terus saya mau menggunakannya bagaimana, kegalauan saya pun terjawab, sang pelayan memberikan alternatip jawaban dengan kata, Laptop ini akan kita installkan dengan OS ASPAL (aslipalsu), saya tidak melanjutkan pertanyaan saya, karena takut dibilangin cerewet, tapi akhirnya saya pun menjatuhkan pilihan pada Laptop dengan OS abal - abal alias ASPAL.

2. Linux itu menarik
Linux memang sangat menarik, saat saya melihat linux, saya pun langsung terkesima melihat Tampilannya, tampilan ini tidak seperti biasanya OS yang banyak digunakan oleh orang, akhirnya saya memberanikan diri untuk menggunakannya.

3. Linux itu bebas dari virus
Sebetulnya sich tidak juga, karena setiap media penyimpanan data yang sering terkoneksi dengan perangkat lain, maka bisa dipastikan akan ada virus yang akan menghinggapi, saya pernah membaca sebuah artikel tentang " ada virus di Ubuntu ", eh malah saya tertawa sendiri ketika membaca artikel tersebut, artinya saya cukup mengagumi kekuatan linux dalam menahan gempuran virus, untuk anda yang ingin membaca artikelnya ada disini coy...
saya pun jadi lebih ingin tahu kenapa kok linux itu dikatakan kebal terhadap virus, jemari saya pun membuktikannya, saya mencoba memindahkan dan mau mengedit salah satu file yang ada di linux, eh... ora iso... dikatakan harus permisi dulu, loh.. emangnya Linux ini tau sopan santun juga ya, kok harus permisi juga, kalau saya aja yang punya laptop harus permisi dulu baru masuk ke file sistem, apalagi virus, mungkin kalau virus harus bayar pajak cukai kali ya....

4. Linux itu Unix
linux di instal dengan membutuhkan waktu yang singkat, cukup klik - klik, eh taunya dah selesai, tetapi malah saya sering mendapat masalah, masalah yang saya dapatkan murni karena ketidaktahuan saya tentang cara mengoprasikannya, ada teman yang kalau mau install software cukup melalui terminal, ada yang hanya klik - klik saja melalui USC (ubuntu software center), ada yang kalau install software melalui Synaptic, ada yang install melalui Ubuntu tweak, akhirnya saya pun bingung, kok banyak sekali ya jalan yang kita gunakan untuk install di linux, tapi menurut sang masternya, semua itu adalah ciri khasnya linux, karena dikembangkan oleh banyak orang di dunia, jadi tergantung anda mau pakai yang mana.

5.Linux itu pemberi motivasi
ada beberapa kalimat yang sering diucapkan oleh master Linux di indonesia,

pertama " Jangan Menyerah Sebelum Darah Mendidih ", lho darah kok bisa mendidih, itu artinya, setiap perbuatan yang kita lakukan harus dikerjakan dengan telaten dan sungguh - sungguh, semangat harus tetap dikobarkan, kita jangan mudah putus asa.

kedua : linux mengajari kita untuk saling memberi dengan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan dari orang lain,

ketiga : Linux membuat kita selalu belajar, karena ilmu itu tidak pernah habis

keempat : linux membuat kita mandiri, karena setiap saat kita harus mampu menyelesaikan masalah yang ada di sistem oprasi kita itu, jadi linux mengedepankan kemandirian.

kelima : Linux membuat penggunanya melek dan paham tentang tekhnologi, banyak istilah yang belum kita ketahui selama ini tentang ilmu komputer, tetapi di linux anda akan paham lebih jaauh dari sebelumnya.

dah dulu ya...
ntar kalau ada waktu luang aku akan memberikan penjelasan tentang banyak seputar linux
kalau ada yang mau menambahkan.... matur nuwun... tiang tunggu komentar plungguh sami

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes