Ini adalah artikel pertama yang saya tuangkan di blog komunitas ini, saya bersukur bisa ikut berpartisipasi dan bisa saling memberi pengetahuan dengan sesama pengguna Linux, karena pada prinsipnya linux dibuat atas azas saling memberi dengan orang lain, tanpa mengharapkan imbalan materi..
saya adalah pengguna yang masih newbie (baru), jadi massih banyak hal yang belum saya ketahui, tapi tidak ada salahnya kalau pada posting kali ini saya mengutarakan masalah mail merge wizard di Libreoffice, karena sedikit yang mengungkapkan masalah office di linux, baiklah kita tidak usah terlalu berbasa-basi, kita langsung saja membahasnya.
Mail merge wizard adalah cara membuat surat atau dokumen dengan format kalimat yang sama,
yang akan dicetak untuk beberapa orang, hanya dengan seting sebentar kita sudah bisa membuat dokumen dan mengirimkan ke teman atau dicetak.
sekarang kita mulai membuatnya
ikuti langkahnya seperti berikut ini
* buat format dokumen anda terlebih dahulu, setelah bagan dokumen sudah jadi.
* selanjutnya kita bikin file wizardnya dengan cukup menekan F4
* klik kanan pada table sesuai gambar
* isi data yang sesuai dengan format yang sudah anda buat
* simpan dan berikan nama, kbtulan saya berikan nama contoh
* tutup aplikasinya dan lihatlah hasilnya
* sekarang kita isi kolom yang telah kita buat tadi
* klik dan drop aitem tersebut ke posisi yang anda inginkan
* blok data tersebut lalu klik data to field maka akan tampak hasilnya
gimana...!
sangat mudahkan
tidak perlu bolak balik buka office
itu adalah salah satu kemudahan linux..
semoga bermanfaat
0 komentar:
Posting Komentar