Kamis, 08 Desember 2011

Program-Program yang Harus Ada in My Linux Machine.

Saya pernah mendengar celetukan temen-temen dikampus yang berkata begini "Linux itu OS semau Gue", ha ha....tidak sepenuhnya salah karna Linux bisa kita custom seeank udel kita, dan jika memiliki sedikit pengetahuan tentang programing kita juga bisa lebih kreatif lagi.
Tulisan ini saya tulis semoga bisa menjadi referensi bagi temen-temen newbie di dunia linux (walaupun sebenarnya saya juga seorang newbie) yang mungkin masih sering bingung ketika dihadapkan dengan beribu aplikasi-aplikasi yang saya sendiri terkadang juga takut (takut pengen coba semua maksudnya). Oke berikut adalah list aplikasi yang harus ada di PC atau di laptop saya. Aplikasi berikut tentunya di luar aplikasi bawaan dari Linux yang saya pakai sekarang.

Aplikasi Internet.

  1. Google Chrome / Chromium
  2. Google Chrome merupakan browser handal yang selalu saya pasang di Mesin Linux saya berdampingan dengan Firefox. Tidak ada yang saling mengganti, terkadang saya menggunakannya secara bersamaan, karna masing-masing memiliki keunggulan masing-masing. Pada artikel sebelumnya saya juga pernah menulis tentang keuggulan kedua browser ini, seilahkan lihat di sini.
  3. Skype
  4. Ingin telpon gratis and video calling via internet? Aplikasi ini adalah jawabannya. Cukup daftar secara gratis untuk membuat acount, anda sudah bisa menikmati layanan-layanan tersebut. Anda juga bisa chating, bertukar file, sharing desktop dan lain sebagainya. Rugi bila anda tidak mencoba aplikasi yang satu ini.
  5. Cisco Packet Tracer
  6. Mungkin bagi anda para penggelut dunia jaringan komputer, tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Cisco packet Tracer merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat simulasi jaringan komputer yang memudahkan kita untuk medesain sebuah jaringan virtual sebelum mengaplikasikannya kedalam komponen jaringan yang sebenarnya.
  7. Pidgin
  8. Pidgin merupakan aplikasi chatting yang mendukung berbagai macam protokl, termasuk chating Facebook, YM, MSN dan masih banyak yang lainnya.
  9. Drop Box
  10. Ini adalah alpikasi kesukaan saya, aplikasi ini meudahkan saya ketika ingin berbagi file dengan temen-temen yang ada diberbagai penjuru dunia (Lebay). Aplikasi ini memungkinkan kita untuk melkukan mensingkronisasi file yang ada di PC kita ke internet, sehingga kita bisa sharing file tersebut keteman-teman yang juga menggunakan aplikasi ini via internet. Kita di berikan space 5 Gb Free untuk menampung file-file kita. Aplikasi ini sejenis dengan ubuntu one pada Distro Ubuntu.
  11. FileZillah 
  12. FileZilla merupakan aplikasi Ftp manager, yang sering saya gunakan untuk download/upload File via FTP di Internet. Aplikasi ini saya butuhkan untuk memanage File di Hostingan Website yang saya kelola.
  13. Download Manager
  14. Jika membutuhkan download yang lebih cepat dan stabil, saya sering menggunakan aplikasi ini.
Multimedia

  1. VLC Video Player
  2. Open Shot Video Editor
  3. Meruapakan aplikasi yang saya gunakan untuk melakukan edit video, support split video, cut, effect dan masih banyak lagi yang lainnya.
  4. Desktop recorder
  5. Mungkin jika anda bacara artikel-artikel di blog ini terdapat beberapa artikel yang mengunakan video, yang software ini adalah software untuk merekam aktivitas desktop kita, sehingga meudahkan kita untuk membuat documentasi berbasis Video.
  6. WinFF
  7. WinFF merupakan aplikasi untuk menconvert Video, support berbagai jenis format Video.
Grafik

  1. GIMP (GNU Image Manipulations Program).
  2. Karna saya dulu pernah menggunakan Photoshop, dan ketika menggunakan linux, saya membutuhkan aplikasi sekelas photoshop, dan GIMP memberikan jawaban yang cukup memuaskan.
  3. Inkscape
  4. Jika anda adalah pengemar corel draw, aplikasi ini bisa mejadi jawabannya ketika anda beralih ke Linux.
  5. Blender
  6. Aplikasi ini jarang saya gunakan, karna belum sempat saya perdalam, akan tetapi tetap saya install sebagai preoritas karna keinginan saya untuk bisa membuat sebuah animasi 3D, walupun masih belum terealisasi.
Programing
  1. Netbeans
  2. Jika anda belajar pemrograman Java, Tidak akan lengkap jika anda tidak menginstall Netbeans. Selain java ada banyak yang bisa anda kerjakan menggunakan netbean, diantaranya ada PHP, C++, RUBY dll.
  3. PHP Editor
  4. Program ini sangat membantu saya ketika hendak membuat dan mengedit document PHP.
  5. BlueFish Editor
  6. Program ini juga meruapakan program untuk editing source seperti PHP, HTML, CSS, etc
  7. Quantum GIS
  8. Quantum GIS adalah program untuk membuat System informasi berbasis Geografis, anda bisa mendesain peta geografis dan masih banyak lagi yang lain.
Other
  1. Gkamus.
  2. GKamus merupakan aplikasi kamus digital Inggris-Indo dan Indo-Iggris. Aplikasi yang sangat praktis, ketika anda membutuhkan terjemahan kata dari bahasa inggaris atau Indonesai.
  3. XAMPP
  4. XAMPP merupakan palikasi webserver, untuk mejalankan WEB secara offline. Sangat membantu bagi anda yang senang dengan dunia web Design.
  5. Zekr
  6. Aplikasi Al-quran digital, support terjemahan bahasa Indo lengkap dengan Audionya juga.
  7. System Tweak
  8. System tweak, aplikasi mirip tune Up kalau di windows.
  9. Network Tools
  10. Tools yang saya gunakan untuk melakukan management nettwork.
Senagai mahasiswa jurusan Ilmu Komputer, di atas list software-software tambahan selain dari software default bawaan dari Distro Linux yang saya gunakan. Saya masih menggunakan Ubuntu 11.04 Natty, sengaja belum update ke 11.10 oeneric karna menunggu si 12.04.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes