Jumat, 09 Desember 2011

Cara Membuat Orientasi Page Berbeda Dalam Sebuah Calc Document -LibreOffice

Libreoffice calc sebenarnya tidak jauh beda dengan Exel di Microsoft Office, dari segi menu dan interface juga hampir sama. Bagi anda yang baru mengenal LibreOffice, pada artikel sebelumnya pernah dijelaskan tentang pengantar LibreOffice, dan disana anda juga bisa mendownload Ebook panduan juga, artikelnya bisa anda lihat di sini.

Saya boleh dibilang pengguna calc aktif karena tuntutan pekerjaan saat membuat laporan dan membutuhkan penghitungan otomatis, sehingga office calc sangat membantu untuk menyelesaikan semua itu. Memang pertamanya agak sulit menyesuaikan diri, karna sebelum saya mengenal LibreOffice saya masih menggunakan Office berbayar milik Microsoft. Tapi dengan bantuan Forum-forum Linux dan LibreOffice yang menjamur di luar sana, setiap masalah akhirnya terpecahkan juga.

Salah satu masalah tersebut adalah ketika saya ingin membuat page orientation berbeda pada sebuah document Calc, ketika saya coba setting sheet 1 dengan bentuk orientasi page Landscape, maka di sheet 2 seharusnya orientasi pagenya tidak ikut berubah menjadi Lanscape juga. Begitu juga ketika saya coba meerubah menjadi potrait di sheet 2, sheet 1 ikut berubah menjadi Potrait. Di MS Office hal ini memang tidak terjadi, masing-masing sheet memiliki pengaturan Orientasi Page Berbeda.

Setelah tanya kiri kanan dan bongkar-bongkar Forum, akhirnya ketemu solusi dari permasalahan tersebut. Sengaja saya share disini sebagai panduan bagi kita semua, siapa tahu suatu saat ada yang mengalami masalah seperti di atas.
Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat Orientasi Page berbeda dalam sebuah document Calc.


  • Buka LibreOffice Calc, selanjutnya tekan tombol F11 untuk memunculkan menu Styles and Formating. Terdapat dua pilihan nantinya yakni cell style dan Page Style, kita pilih page style, maka akan terlihat terlihat seperti gambar di bawah.



  • Selanjutnya kita klik kanan pada sembarang tempat dan pilih new, pada tab organizer beri nama dengan nama Landscape, kemudian pada Tab Page atur Page orientation menjadi Landscape. Maka akan terlihat seperti gambar dibawah:

      Pada gambar di atas, menu Landscape sudah kita buat, dan siap kita gunakan.

    Untuk menggunakan menu landscape yang kita gunakan, caranya sangat mudah, misalkan kita ingin membuat page di sheet1 menjadi potrait maka, cukup setting sheet satu menjadi Potrait melalui menu Format+page+page. Jika kita ingin membuat sheet 2 menjadi landscape, masuk ke halaman sheet2 kemudian tekan F11, makan akan muncul seperti gambar diatas tadi, klik dua kali pada pilihan landscape, kemudian tekan tombol close untuk menutup jendela menu Style and Formating, maka sheet 2 otomatis menjadi landscape.


    Oke selamat mencoba
    semoga pengguna open source makin mendunia


    2 komentar:

    Anonim mengatakan...

    Ini dia artikel yang ane cari, terima kasih ya.

    Anonim mengatakan...

    Terima kasih informasinya, sangat membantu

    Posting Komentar

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

     
    Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes