Sabtu, 10 Desember 2011

Cara Install Wine di Linux

 Wine merupakan sebuah apliasi emulator di Linux yang memungkinkan kita bisa menginstall aplikasi-aplikasi bawaaan Windows di dalam system Linux. Wine merupakan sebuah alternatif bagi anda yang masih tergantung pada beberapa aplikasi yang memang belum terdapat di Linux. Wine memang tidak support segala jenis aplikasi Windows, dan beberapa diantaranya bisa terinstall, akan tetapai terdapat banyak kekurangan, jika dibandingkan dengan versi yang di Windows.
Untuk support yang lebih baik untuk aplikasi windows di Linux, terdapat aplikasi lain yaitu CrossOver, akan tetapi kita harus menyisihkan beberapa dolar untuk bisa menggunakan aplikasi tersebut (anda bisa coba versi trial). Untuk info lebih lanjut tentang Wine dan CrossOver silahkan berkunjung ke situs resmi mereka di http://www.wine-reviews.net/.
Diantara aplikasi-aaplikasi tersebut, berikut beberapa yang sebagian pernah dicoba oleh beberapa Linux User.

  • MS Office
  • photoshop CS5 portable
  • Corel X3
  • Aplikasi-Aplikasi Sederhana
  • dll

Oke jika anda tertarik untuk menginstall Wine, berikut beberapa langkah sederhana untuk menginstall wine di mesin Linux Anda.

Cara Install Wine di Fedora
Ketikkan perintah berikut di terminal yum install wine dan pastikan wine sudah exist di Repository anda terlebuh dahulu. Atau bisa dari menu Applications->Add/Remove Software, Gunakan menu search, cari Wine lalu klik install, masukkan password and enjoy it.



How Install Wine in Ubuntu Menggunakan PPA
Untuk tutorial lengkapnya, sudah saya tulis di blog pribadi saya, silahkan baca di sini

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes