Rabu, 30 November 2011

Install Ubuntu -Persiapan!

Pastikdan anda sudah memiliki CD instalasi, jika belum silahkan anda download file iso-nya terlebih dahulu.
Silahkan download Versi terakhir ubuntu di Download Ubuntu, atau jika anda proses download jauh lebih cepat bisa melalui repository local seperti http://kambing.ui.ac.id.
Sebelum memulai melakukan install ubuntu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sebenarnya ini juga berlaku untuk setiap distro linux lainnya, tapi pada kesempatan kali ini kita akan lebih fokuskan ke Distro Ubuntu.

Jika anda berencana menggunakan dual booting, pastikan anda memiliki partisi kosong paling tidak10 Gb, walaupun 5 Gb sebenarnya sudah cukup. Jika anda sudah cukup mahir menggunakan aplikasi seperti partition magic, anda bisa membagi partisi terlebih dahulu agar nanti ketika melakukan instalasi Ubuntu, anda bisa langsung menggunakan partisi yang sudah anda persiapkan tersebut. Akan tetapi jika anda kurang handal menggunakan software sekelas partition magic, anda tidak perlu khawatir, karna ubuntu nantinya akan secara otomatis membuat partisi sendiri dengan cara merisize partisi yang sudah ada, dan anda tidak perlu khawatir kehilangan data, karna hardis yang dirisize biarpun terdapat data di dalamnya, data-data tersebut tidak akan hilang atau terformat.

Jika anda memilih untuk menginstall OS Linux Ubuntu sebagai satu-satunya OS di PC atau Laptop anda, saya sarankan untuk membuat tiga partisi, partisi yang pertama adalah untuk System, yang ke-2 Untuk Home, dan terkhir tentunya untuk swap. Contoh, saya memiliki hardis sebesar 360 Gb dan ram 2 Gb, saya melakukan pembagian partisi menjadi 66 Gb untuk System, 300 Gb untuk Home dan 4 Gb untuk swap. Tapi semua kembali kepada anda, saya memberikan space yang besar ke pada home karna semua data-data user akan di tempatkan di partisi tersebut. Untuk swap besarnya diusahakan 2 kali besar RAM, walaupun menurut isu maksimal SWAP yang digunakan adalah 2 GB. Sementara untuk system tidak terlalu dibutuhkan space yang besar.

Pastikan semua hardware yang terpasang di PC anda sudah benar-bnear di suport oleh ubuntu. Sering-seringlah bertanya di Forum-forum jika terdapat maslah unjuk kerja system anda setelah melakukan instalasi.
Tapi anda tidak perlu khawatir tentang hal tersebut, karna ubntu sudah full support terhadap hardware-hardware baru maupun lama.


JIka anda pertama kali melakukan instalasi Linux ubuntu, pastikan anda sudah memiliki referensi yang banyak. referensi lengkap bisa anda dapatkan dari Forum, blog, website, dan Video. Manfaat youtube untuk mencari informasi lengkap tentang cara instalasi ubuntu.
Saya anjurkan anda bersama teman yang sudah terbiasa malakukan instalasi Ubuntu ketika anda menginstall Ubuntu di PC anda, terutaman bagi anda yang melakukan instalasi dual booting.

Oke berikut ini Minimum System requirement  yang dibutuhkan untuk bisa menjalankan Ubuntu dengan baik di perangkat anda.
Ini berlaku untuk buntu versi 11.10/11.04/10.10/10.04/

  • 1 GHz Pentium or better processor (such as Dual Core, Core 2 Duo, i3, i5,i7… )
  • 384 MB of primary memory (RAM) although, at-least 512 MB is recommended
  • 5 GB of harddrive space but it would be better if you have more than 10GB (unless you are installing Ubuntu 11.04 , for testing or any specific purpose)
  • Either a CD/DVD drive or a USB (Universal Serial Bus) port (or both)
  • a Graphics Card if you want to use the Unity in 3D Mode, which is the default mode of Ubuntu 11.04, although it’s optional because you can still use Gnome 2.* efficiently by turning off the compiz or desktop effects which consumes a lot of resources
  • A monitor (CRT, LCD-TFT, LCD-LED or whatever) capable of displaying output at Resolution (Min) : 800×600
  • Internet Connection tidak di haruskan tapi sangat di anjurkan.
Ada dua pilihan cara melakukan instalsi ubuntu, cara pertaman adalah dengan menggunakan USB dan cara kedua adalah dengan mengunakan CD/VCD. Sesuaikan dengan kebutuhan anda. Kelebihan menggunakan USB adalah proses instalasi yang tergolong cepat tidak sampai 5 menit.
    Sekian...!!!

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

     
    Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes