Kamis, 05 Juli 2012

Cara Sharing Internet Koneksi di Ubuntu 12.10

Sharing internet koneksi pada ubuntu pada dasarnya sangatlah mudah, kita hanya butuh koneksi sumber (contohnya Modem), selanjutnya kita buat sebuah jaringan ad-hoc, atau sharing via Lan, koneksikan client yang ingin kita bagikan koneksi internet, and Done....client sudah bisa terkoneksi.

Pada kesempatan kali ini saya ingin mencoba menjelaskan bagaimana melakukan sharing koneksi internet di Ubuntu 12.10 melalui jaringan ad-hoc. Jaringan ad-hoc sendiri merupakan jaringan peer to peer, dimana host terhubung langsung tanpa menggunakan perangkat jaringan tambahan seperti switch, access point, hub, dsb.

Kasus di sini adalah, saya menggunakan Laptop (terinstall ubuntu 12.10)yang terkoneksi dengan modem smartFren, kemudian terdapat satu buah client/host yang menggunakan OS Windows yang ingin saya bagikan koneksi internet nantinya. Saya pernah menoba cara ini sebelumnya pada ubuntu versi 11.10, tapi saya bermasalah pada jaringan ad-hoc yang saya buat, dimana client tidak bisa mengakses jaringan ad-hoc yang saya buat. Untuk Ubuntu versi 12.04 belum sempat saya coba, Silahkan anda coba sendiri.

Jika anda tertarik, saya sudah menulisnya di blog saya di sini, cara sharing koneksi internet di ubuntu.

Sebenarnya saya ingin tulis artikel lengkapnya pada blog ini, tapi karna takut duplicate konten, terpaksa saya hanya taruh linknya saja.


1 komentar:

StoriesMe, Inc. mengatakan...

Makasih gan infonya,, membantu sekali...

Sosial Media Indonesia Terbaik

http://www.storiesme.com/

=========================================

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes